-->
Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pemuda Pancasila Sumenep Ziarah ke Makam KH. Abdullah Sajjad

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pemuda Pancasila Sumenep Ziarah ke Makam KH. Abdullah Sajjad


Sumenep, Lensamadura.com - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021, Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kab. Sumenep menggelar doa bersama dan tabur bunga di Makam KH. Abdullah Sajjad di Maqbarah Pengasuh PP Annuqayah Guluk-guluk Sumenep. Jumat (1/10).

"Kegiatan ini sebagai refleksi bagi kader PP Sumenep bahwa bangsa ini memerlukan jiwa patriotisme, pengorbanan dan kepahlawanan para pemuda untuk membentengi pancasila dari ancaman ideologi lain," ungkap Achmad Yunus Ketum MPC PP Sumenep.

Acara tersebut diikuti oleh puluhan pengurus dan kader PP Sumenep. Sosok KH. Abdullah Sajjad adalah teladan yang harus dicontoh oleh para pemuda khususnya di Sumenep.

"Dimana beliau berani mengorbankan segalanya termasuk jiwa raga untuk kemerdekaan Indonesia," katanya.

Terkait momentum kesaktian pancasila, Yunus menambahkan bahwa salah satu yang menjadi target komunis saat itu adah ulama-ulama yang banyak syahid dibunuh oleh PKI.

"Kita harus belajar pada sejarah bahwa keulamaan seseorang tidak sekedar dilihat dari perannya dalam agama namun juga dalam perjuangan membela bangsa dan negara. Sosok itu paripurna ada dalam diri KH. Abdullah Sajjad," jelasnya.

Hingga saat ini, MPC PP Sumenep masih terus berupaya mempersiapkan dokumen usulan penganugerahan KH. Abdullah Sajjad sebagai Pahlawan Nasional.

"Sehingga ketokohan Kiai Sajjad dapat terekam dan menjadi inspirasi bagi generasi mendatang," pungkas Yunus. (PP/Rif)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Media berita online yang menyajikan informasi seputar Madura, Hukrim, Pendidikan, Ekonomi, Budaya, Pariwisata, Politik dan Pemerintahan.