-->
Berdayakan Warga Sekitar, UPP Kelas II Branta Gelar Padat Karya

Berdayakan Warga Sekitar, UPP Kelas II Branta Gelar Padat Karya

Secara simbolis Kepala UPP Kelas II Branta Bambang Sugiarto, S.IP menyerahakan life jacket kepada UPTD Perhubungan Sampang./Foto: UPP

Sampang, Lensamadura.com - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Branta melaksanakan program padat karya bertempat di Pelabuhan Taddan, Sampang, Madura Kamis, 16 September 2021.

Kegiatan itu dalam rangka pemberdayaan masyarakat miskin agar produktif dengan memanfaatkan sumber daya alam, tenaga kerja dan teknologi lokal.

"Dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan, perlu percepatan padat karya yang bersumber dari dana APBN dan CSR," kata Bambang Sugiarto S.IP kepala UPP Kelas II Branta.

Dia menjelaskan, padat karya tersebut meliputi sejumlah kegiatan. Antara lain pemeliharaan Pelabuhan Taddan yang melibatkan 50 warga setempat, dan sosialisasi pelabuhan oleh Health Safety Security Environment (HSSE) PT.Pertamina (Persero) Camplong.

"Sedangkan SCR direalisasikan melalui penyerahan pas kecil gratis dan sembako kepada 867 warga Mandangin. Pembagian life jacket 100 buah kepada UPTD Perhubungan Mandangin dan 100 buah kepada UPTD Perhubungan Tanlok Sampang," katanya dalam rilis yang diterima LensaMadura.com

Selain itu, lanjutnya, dilaksanakan bersih laut dan pantai di Pelabuhan Taddan melibatkan warga, berkerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sampang.

"Pemilihan kegiatan bersih laut dan pantai di Pelabuhan Taddan karena pada saat air surut masih terlihat banyaknya sampah," tambahnya.

Lebih lanjut, dia memaparkan, untuk memberangkatkan kapal, salah satu yang harus dipertimbangkan adalah cuaca. 

"Oleh karena itu dilakukan kerja sama pelayanan informasi dan peringatan dini di bidang Meteorologi Maritim dengan Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Tanjung Perak Surabaya," jelasnya

Dengan demikian, berita cuaca khusus Pelabuhan Branta dapat diakses secara online, serta untuk menjamin keamanan dan ketertiban.

"Hal ini sangat perlu dilakukan sosialisasi dan asistensi. Bekerja sama dengan HSSE PT Pertamina (Persero) Camplong," pungkasnya.

Perlu diketahui, dalam kegiatan itu hadir secara virtual H. Safiuddin, S.Sos selaku anggota DPR RI Komisi V Wilayah Dapil Madura.

Rifqi, Lensa Madura
Advertisement

Baca juga:

Admin
Media berita online yang menyajikan informasi seputar Madura, Hukrim, Pendidikan, Ekonomi, Budaya, Pariwisata, Politik dan Pemerintahan.