-->
Desa Tambuko Sumenep Paling Perdana Tuntaskan Pendataan SDGs Desa

Desa Tambuko Sumenep Paling Perdana Tuntaskan Pendataan SDGs Desa

Pj Kades Tambuko Hairil Lukman (kanan) memperlihatkan dokumen hasil pendataan SDGs Desa Tambuko. Foto/Sudirman. LensaMadura.Com


Sumenep, LensaMadura.Com-Desa Tambuko, Kecamatan Guluk-Guluk, Sumenep  menuntaskan lebih awal program pendataan desa berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa tahun 2021.

Penetapan hasil pendataan berlangsung melalui Musyawarah Desa Khusus penetapan SDGs Desa Tambuko di balai desa setempat Kamis, 27 Mei 2021.

Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Tambuko Hairil Lukman dalam laporannya di forum itu menyampaikan proses dan hasil pendataan.

Diantaranya, kata pejabat dilingkungan Kecamatan Guluk-Guluk itu, pendataan berlangsung mulai 7 April sampai 17 Mei 2021.

"Pendataan waktunya sampai 31 Mei. Alhamdulillah Desa Tambuko selesai sebelum deadline. Tanggal 17 Mei sudah kelar. Desa kami pertama Se-Kabupaten Sumenep selesai lebih awal," kata Hairil Lukman.

Hairil panggilan akrabnya menambahkan, kebutuhan biaya kegiatan sementara ini ditalangin pihaknya. Sebab, anggaran dari Dana Desa (DD) masih belum keluar untuk biaya pendataan SDGs Desa tersebut.

"Sempat ada kendala saat proses upload data secara online. Karena ngadat server dipusat. Tapi sudah bisa teratasi," terang Hairil.

Hasil pendataan, RT/RW 009/003, data keluarga 756, data individu 2.738. Data tersebut sudah disampaikan secara online ke Kemendes PDTT RI di Jakarta.

Camat Guluk-Guluk Muhammad Sidqi mengapresiasi tuntasnya pendataan desa SDGs Desa Tambuko.

"Suksesnya pendataan tak lepas dari kekompakan dan dukungan semua pihak. Semoga bermamfaat," ujar camat saat ditemui di lokasi kegiatan.

Sementara, Koordinator Kabupaten Tim Pendamping Profesional (Korkab TPP) Sumenep Mohammad Ilyas ikut mengapreasiasi.

"Hasil pendataan bisa jadi acuan pembangunan desa di tahun 2022 dan selanjutnya," ucap mantan Komisioner KPU Sumenep ini yang ikut hadir pada Musdes khusus tersebut.

Herman, mewakili pendamping desa Se-Kecamatan Guluk-Guluk mengaku salut atas pemerintah Desa Tambuko.

"Sukses menuntaskan pendataan sebelum deadline. Tentu tak lepas dari peran kepemimpinan Pj Kades Tambuko dan tim pendata," pungkas Herman. (Ros/Yan)
Advertisement

Baca juga:

Admin
Media berita online yang menyajikan informasi seputar Madura, Hukrim, Pendidikan, Ekonomi, Budaya, Pariwisata, Politik dan Pemerintahan.