Desa Banuaju Barat Fokus Pemberdayaan dan Infrastruktur
BC0L5-XIB2X-ZBZCC-A3481

Desa Banuaju Barat Fokus Pemberdayaan dan Infrastruktur

SEMANGAT BANGUN DESA: Suninto, Kepala Desa Banuaju Barat, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep (pegang mik) saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Musrenbangdes Banuaju Barat, Selasa 28 Januari 2020 di balai desa setempat. (Ray/LensaMadura.com)

SUMENEP - Suninto, Kepala Desa (Kades) Banuaju Barat, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Provinsi Jatim, tak pernah lelah berjuang membangun desanya. Terbukti, pria yang sudah periode kedua mimpin desanya ini, melibatkan semua elemen masyarakat merencanakan arah pembangunan desa yang dipimpinnya.

Komitmen serap aspirasi itu diwujudkan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Banuaju Barat Selasa 28 Januari 2020 di balai desa setempat. Musyawarah yang berlangsung tiga jam itu, yakni mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00 melibatkan unsur perwakilan masyarakat Desa Banuaju Barat. Tokoh pemuda, tokoh agama, serta perwakilan tokoh masyarakat lainnya. Musrenbangdes ini untuk usulan program pembangunan tahun 2021 atau tahun depan.

Kades Banuaju Barat Suninto di hadapan sekitar 80 undangan peserta Musrenbangdes memaparkan, mempersilahkan peserta menyampaikan usulan untuk kemajuan Desa Banuaju Barat.

"Desa kita ini, menjadi tanggung jawab kita semua. Jadi, keterlibatan masyarakat dalam merencanakan dan pelaksanaan pembangunan desa sangat menentukan kemajuan desa tercinta," katanya di hadapan peserta Musrenbangdes yang dihadiri semua perangkat desa ini. Kalèbun jebolan salah satu pesantren di kota Sumenep ini menghimbau, peserta kegiatan untuk agenda pembangunan tahun 2021 aktif mengusulkan.

Pada kesempatan itu, pantauan lensamadura.com, usulan dari peserta Musrenbangdes variatif. Antara lain, pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat (SDM).

Kegiatan yang dihadiri Camat Batang-Batang Joko Suwarno, Kapolsek AKP Taufik Hidayat dan unsur Koramil Batang-Batang berlangsung guyub. Semangat usulan saat forum dipasrahkan ke peserta terlihat antusias.

Kades Suninto tampak sumringah menyaksikan usulan yang dilontarkan peserta Musrenbang.

"Semaksimal mungkin semua usulan kami laksanakan. Tentu, mengacu kepada kemampuan anggaran yang tersedia,"ujarnya menjelaskan.

Menurut Suninto, inti usulan mengerucut pada dua hal. Yakni pemberdayaan SDM dan pembenahan infrastruktur. Pemberdayaan semisal pembekalan keterampilan melalui pelatihan. Misal, pelatihan mengolah atau keterampilan tangan.

"Targetnya, dengan pelatihan-pelatihan demikian, warga kami bisa memiliki keterampilan. Baik jadi pelaku industri rumah tangga atau bisa sukses mendirikan usaha secara mandiri. Desa siap memfasilitasi setiap keinginan warga. Apalagi untuk peningkatan ekonomi rumah tangga,"tandasnya.

Selain itu, pembenahan infrastruktur tak kalah pentingnya. Mulai pembangunan plengsengan, irigasi, peningkatan jalan dan berbagai pembenahan fasilitas umum di desa. Armoyo, salah satu tokoh masyarakat Desa Banuaju Barat mengharapkan, pemerintah desa makin peduli dan cepat merespon. Yakni, terhadap setiap kebutuhan pelayanan administrasi, pelayanan kesehatan dan jenis pelayanan publik lainnya.

"Alhamdulillah. Satu periode sebelumnya kepemimpinan Pak Klèbun Suninto sangat responsif pada jenis-jenis kebutuhan publik seperti yang saya urai di atas. Berharap terus ditingkatkan pada periode kedua ini," kata tokoh masyarakat yang akrab disapa Yoyok ini. Desa Banuaju Barat kurang lebih penduduknya 3000 jiwa. Rata-rata petani, perantauan, dagang, pelihahara ternak sapi, mebel dan berbagai usaha produktif lainnya. (Ray)

0 Komentar