Warga bangkalan keluhkan tumpukan sampah di jembatan bargan

Bangkalan, (lendamadura.com) – Hidup sehat merupakan impian semua manusia dalam mengarungi perjalanan hidup, sehingga kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan dalam menjaga kebersihan lingkungan demi kenyamanan dilingkungan sekitar. Karena apabila tubuh sudah dalam keadaan sehat, segala aktivitas akan mudah terlaksana, begitupun sebaliknya.

Penunjang utama untuk terlaksananya aktivitas dengan baik memang kesehatan oleh karena itu menjaga kesehatan yang harus pertama kali dilakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan, semisal tidak membuang sampah di sembarang tempat. Seperti yang telah terjadi di Jembatan Bargan, Kampung Bargan Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan.

Rahman, salah satu warga Kampung Bargan mengatakan, sampah yang berserakan di sekitar jembatan tersebut kerap kali dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga. Padahal, tempat yang menjadi pembuangan sampah itu pinggir lautan, sehingga sampah yang dibuang terkadang dibawa arus air laut dan menutupi selokan tambak milik warga sekitar.

“Seharusnya warga menyadari kalau jembatan Bargan disisi barat bukan dijadikan tempat sampah, akibatnya bagi warga yang ingin beraktivitas memancing lebih memilih tempat lain, karena ditempat itu kerap dijadikan tempat untuk memancing,” ujarnya, Jum’at (13/07/2018).

Lebih lanjut Rahman mengatakan, seharusnya Pemerintah menyediakan tempat pembuangan sampah di tempat yang tidak berdampingan dengan air, Sehingga nanti sampah yang di buang tidak akan mengendap.

“Pemerintah perlu menyediakan tempat agar masyarakat tidak sembarang membuang sampah, salah satunya di sisi barat jembatan bargan ini,” cetusnya.

Hal senada juga dikatakan Rohim, warga Dusun Kendut, Desa Dakiring mengaku jembatan itu merupakan jalan utama masyarakat karena menghubungkan Kampung Bargan dengan Desa Dakiring, terkadang tercium bau yang tidak sedap, sehingga mengganggu aktivitas masyarakat yang melewati jembatan tersebut.

“Kalau lewat di jembatan Bargan ini mesti akan tercium bau yang tidak enak karena tumpukan sampah itu. Kenapa pemerintah tidak memperhatikan tempat pembuangan sampah, padahal tempat yang di jadikan pembuangan sampah pinggir lautan itu nanti tercemar,” ucapnya. (sfn)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *